JEEP WISATA DI KAWASAN WISATA LAVA TOUR PASCA ERUPSI MERAPI TAHUN 2010 (Studi pada Kawasan Wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman)

Saputra, Yunanta (2014) JEEP WISATA DI KAWASAN WISATA LAVA TOUR PASCA ERUPSI MERAPI TAHUN 2010 (Studi pada Kawasan Wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sos 10413244028.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemunculan Kelompok Jeep Wisata Tlogo Putri dan dampak yang ditimbulkan dengan adanya kemunculan kelompok jeep wisata terhadap masyarakat yang terdapat di kawasan wisata Tlogo Putri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Kriteria infoman dalam penelitian ini adalah pengelola (pengurus dan anggota) Kelompok Jeep Wisata Tlogo Putri, wisatawan pengguna jasa jeep wisata dan masyarakat di sekitar kawasan wisata Tlogo Putri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validitas data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber, diskusi dengan ahli dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Jeep Wisata Tlogo Putri muncul sebagai salah satu perubahan yang terjadi akibat adanya bencana alam. Kemunculan kelompok jeep wisata setelah terjadinya bencana alam memberikan harapan baru pada masyarakat untuk membangun kehidupannya. Kemumculan kelompok jeep wisata berawal dari hanya penggunaan sepeda motor sampai kemudian beralih menggunakan jeep yang dirasa lebih bisa mengakomodasi kebutuhan wisatawan. Terdapat beberapa syarat dan aturan yang diterapkan oleh kelompok jeep wisata bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam kelompok jeep wisata, salah satu syarat masuk dalam kelompok jeep wisata adalah harus memiliki KTP Kaliurang. Kelompok jeep wisata yang dibentuk tahun 2010 telah melakukan beberapa bentuk kerja sama dengan berbagai pihak dalam berbagai bidang antara lain kerja sama dengan perusahaan asuransi yang diperuntukan bagi wisatawan yang memakai jasa jeep wisata dan dengan perusahaan penjual produk minuman suplemen untuk mempromosikan produk tersebut. Promosi yang dilakukan oleh kelompok jeep wisata dalam mengenalkan keberadaan kelompok tersebut dilakukan dengan berbagai media elektronik, sosial media serta mulut ke mulut. Keberadaan kelompok jeep wisata juga mempengaruhi masyarakat yang ada di sekitar Tlogo Putri yang tergabung maupun yang tidak tergabung dalam kelompok jeep wisata, pengaruh tersebut menimbulkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat salah satunya perubahan interaksi masyarakat, perubahan mata pencaharian, munculnya beberapa kelompok sosial Kata Kunci : bencana alam, jeep wisata, dampak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 20 May 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19052

Actions (login required)

View Item View Item