HANDOYO, RIYANTO (2014) PERBEDAAN METODE MAKE A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs YAPI PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Skripsi Full IPS 10416244007.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS dan motivasi belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode make a match dan metode index card match dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Postest, Nonequivalent Multiple-Group Design, menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs YAPI Pakem Tahun Ajaran 2013/2014, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII C. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Instrumen angket divalidasi oleh exspert judgement dan reabilitas angket dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent sample t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan penggunaan metode make a match dibandingkan metode index card match dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 20 May 2015 04:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19026 |
Actions (login required)
View Item |