PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII D SMPN 1 NGEMPLAK SLEMAN

Sari, Dian Novita (2014) PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII D SMPN 1 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full IPS 10416241026 .swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas VII D SMPN 1 Ngemplak Sleman yaitu rendahnya keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII D SMPN 1 Ngemplak Sleman melalui penerapan metode examples non examples berbantuan media lagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, angket, dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model Milles dan Huberman. Kriteria keberhasilan data yang ditetapkan yaitu rata-rata persentase keseluruhan indikator keaktifan siswa mencapai ≥75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode examples non examples berbantuan media lagu dapat meningkatkan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil observasi, keaktifan siswa mengalami peningkatan pada kegiatan pra tindakan sebesar 22% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 66% sedangkan pada siklus II sebesar 81% dan sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Berdasarkan hasil perhitungan angket juga menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 65% menjadi 79% pada siklus II dan sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Peningkatan keaktifan siswa dilakukan melalui: a) pembiasaan siswa untuk menganalisis gambar; b) berkelompok untuk memecahkan masalah dan berdiskusi; c) memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat; d) pemberian poin keaktifan. Kata kunci: metode examples non examples berbantuan media lagu, keaktifan, pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 20 May 2015 04:09
Last Modified: 20 May 2015 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19022

Actions (login required)

View Item View Item