Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Menggunakan Program Lectora Materi Penyimpangan Sosial untuk Siswa SMP Kelas VIII

Murdi, Daniar (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Menggunakan Program Lectora Materi Penyimpangan Sosial untuk Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full IPS 09416244006.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS menggunkan program lectora materi penyimpangan sosial siswa SMP kelas VIII berdasarkan tingkat kelayakan atau keterbacaan media oleh peserta didik dari segi: validasi ahli materi, Validasi ahli media, guru, dan Siswa pada uji coba terbatas Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik pada uji coba. Sebelum diuji cobakan produk divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru IPS dengan skala lima. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: Hasil validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan penilaian siswa menunjukan bahwa media pembelajaran IPS dengan tema “Penyimpangan sosial” memiliki kelayakan pembelajaran yang “baik” 3,6 – 4,7 dengankategoribaik.Dengandemikian mediapembelajaranmenggunakanlectoramateri“penyimpangansosial”padamatapelajaranIPSuntuksiswaSMPkelas VIIIyang telahdikembangkandinyatakanlayakuntukdigunakan. Kata kunci: Media, IPS, Interaktif, Lectora, Penyimpangan Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 20 May 2015 04:06
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item