PENGELOLAAN PROGRAM KERJA KOPERASI SEKOLAH “TUNAS PELITA” DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI YOGYAKARTA

Murtika, Rachmi (2015) PENGELOLAAN PROGRAM KERJA KOPERASI SEKOLAH “TUNAS PELITA” DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MURTIKA RACHMI.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

sekolah di SMK Koperasi Yogyakarta; (2) hambatan dalam pengelolaan program kerja koperasi siswa di SMK Koperasi Yogyakarta; dan (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pengelolaan program kerja koperasi di SMK Koperasi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing koperasi, karyawan koperasi, dan siswa sekaligus sebagai pengurus koperasi sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan dengan triangulasi data. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Hubberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan program kerja koperasi sekolah mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan program koperasi sekolah diantaranya, merencanakan peningkatan kesejahteraan karyawan, meningkatkan kerjasama dengan distributor, menambah fasilitas koperasi sekolah, merencanakan anggaran kegiatan. Perencanaan dilakukan oleh ketua unit produksi, dibantu dengan pembimbing dan pengurus koperasi sekolah. Pelaksanaan program kerja koperasi dengan pemberian bekal dan pelatihan kepada karyawan, pemilihan kerjasama dengan distributor, pengadaan fasilitas penunjang koperasi, mengatur anggaran dengan kegiatan. Evaluasi program kerja koperasi sekolah dilakukan setiap 3 bulan sekali oleh guru pembimbing. Evaluasi dari program yang sudah dilaksanakan, karyawan mengalami kemajuan kerja, mengontrol barang yang didistribusikan di koperasi, akses kegiatan koperasi berjalan dengan baik dengan realisasi fasilitas penunjang, anggaran dana yang digunakan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan; (2) hambatan yang ditemui dalam pengelolaan program kerja koperasi sekolah sebagian besar faktor dari sumber daya manusia. Hambatan itu mencakup dari kurang minatnya siswa dalam kegiatan ekstern, kurangnya tanggungjawab dan adanya keterbatasan pengurus dalam pembuatan laporan, kurang bertanggungjawabnya pengurus dalam tugas dikoperasi; dan (3) solusi terhadap hambatan ini dilakukan dengan mengadakan pendekatan kepada pengurus, pemberian pelatihan, meningkatkan kerjasama dalam koperasi serta melakukan koordinasi dengan semua pengurus dan karyawan koperasi mengenai proses menjalankan kegiatan koperasi dengan tujuan agar program kerja koperasi sekolah dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:04
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item