KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIK BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Ananingsih, Nurfitri (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIK BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurfitri Ananingsih 09203241019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan gramatik bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negei 1 Seyegan Sleman yang diajar dengan menggunakan metode Snowball Throwing dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Snowball Throwing dalam pembelajaran gramatik bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasilnya diujikan dengan kontrol grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan Sleman yang berjumlah 186 peserta didik. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik random sampling. Hasil dari random sampling diperoleh kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Kelas XI IPA 2 yang juga berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan gramatik bahasa Jerman. Validitas penelitian menggunakan validitas isi dan validitas kontruk. Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar r11 = 0,919. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan uji-t menghasilkan nilai thitung= 2,461 dan nilai ttabel= 2,000 pada taraf signifikansi = 0,05 dan df sebesar 58. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan gramatik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik kelas eksperimen sebesar 7,43 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 6,78. Nilai peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi 0,65 daripada nilai peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai dari kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini adalah metode Snowball Throwing dapat diterapkan dalam pembelajaran gramatik bahasa Jerman. Pembelajaran dengan menggunakan metode Snowball Throwing lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, gramatik, sma 1 seyegan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item