KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL

Zikri, Rizatmi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizatmi Zikri 09203241006.PDF

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar gramatika bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sewon, Bantul antara yang diajar dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Everyone Is a Teacher Here dalam pembelajaran gramatika bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Data diperoleh melalui tes gramatika bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sewon, Bantul sebanyak 284 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 3 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode Everyone Is a Teacher Here sebagai variabel bebas dan penguasaan gramatika bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa sebanyak 35 soal valid dan 10 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,937. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 3,185 lebih besar dari ttabel 2,002 dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,9%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 8,2933 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 7,7133. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Everyone Is a Teacher Here lebih efektif dalam pembelajaran gramatika bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Everyone Is a Teacher Here, gramatika, sma negeri 1 sewon
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 03:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item