PENGELOLAAN E-LEARNING “BE-SMART” DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PUSAT KOMUNIKASI (UPT PUSKOM) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mafkhan, Baihaki (2015) PENGELOLAAN E-LEARNING “BE-SMART” DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PUSAT KOMUNIKASI (UPT PUSKOM) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MAFKHAN BAIHAKI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan e-learning Besmart di UPT Puskom UNY, hambatan atau kendala yang terjadi dalam pengelolaan, serta solusi yang diberikan dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari Data Reduction, Data Display, dan Conclusing. Teknik keabsahan data yang dilakukan yaitu dengan perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, member check, analisis kasus negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan software sudah baik yaitu dengan adanya perubahan-perubahan yang dilakukan dari menu atau fitur standar dari LMS Moodle, sehingga lebih lengkap, mudah diakses, menarik, aman, dan sesuai dengan kebutuhan para user. Pengelolaan hardware sudah baik, dari kualitas komputer yang dimiliki oleh Puskom, maupun ketersedian jaringan internet. Ketersedian dari akses wifi hotspot sudah tersedia dengan baik, yaitu di 76 titik strategis dengan coverage area mencapai 90% wilayah kampus. Pengelolaan brainware sudah baik, perekrutan pegawai di Puskom dibagi menjadi dua tahap yaitu tes tertulis berkaitan dengan pekerjaaan, dan tes non tertulis berkaitan kemampuan teknis. (2) Hambatan yang terjadi untuk masalah terkait software, yaitu kapasitas server terbatas, sedangkan data yang ada besar. Hambatan terkait hardware, yaitu kerusakan komputer yang di Puskom baik dari kepala divisi, admin maupun staf lainnya. Hambatan terkait brainware ialah adanya pegawai yang keluar dari UPT Puskom karena melakukan studi. (3) Solusi yang diberikan untuk masalah software yaitu dengan menambah server, jadi apabila server sudah tidak mencukupi atau sudah penuh maka harus ditambah lagi. Solusi yang diberikan untuk masalah hardware adalah adanya bagian dalam Puskom yang menangani masalah tersebut yaitu pada Technical Support. Solusi yang diberikan untuk masalah brainware yaitu adanya pergantian personil, karena dari dosen-dosen di UNY juga banyak yang mempunyai kualifikasi di bidang IT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18981

Actions (login required)

View Item View Item