KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN BAHASA BILD BESCHREIBEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 JETIS BANTUL

Ratnaningtyas, Primastuti (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN BAHASA BILD BESCHREIBEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Primastuti Ratnaningtyas 10203241022.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul antara kelas yang diajar menggunakan media permainan bahasa Bild beschreiben dan kelas yang diajar menggunakan media konvensional dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan media permainan bahasa Bild beschreiben dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Jetis yang berjumlah 101 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 (21 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 (20 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Jumlah anggota sampel adalah 41 peserta didik. Data diperoleh berdasarkan tes skor pre-test dan post-test keterampilan menulis bahasa Jerman. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach (r = 0,65). Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (2,540) lebih besar dari ttabel (2,022), pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db sebesar 39. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul antara kelas yang diajar dengan menggunakan media permainan bahasa Bild beschreiben dan kelas yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih besar 0,359 dari pada kelas kontrol dengan bobot keefektifan sebesar 9,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan bahasa Bild beschreiben lebih efektif daripada media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bild beschreiben, menulis, sma n 1 jetis bantul
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 03:37
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item View Item