KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG

Pertiwi, Selly Rosalia (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Selly Rosalia Pertiwi 10203241019.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan yang diajar dengan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Magelang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Magelang sebanyak 255 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 4 (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 2,267 lebih besar dari ttabel = 1,999 dengan taraf signifikansi 0,05 dan db = 61. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar antara yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan yang diajar dengan media konvensional. Bobot keefektifannya adalah 8,9%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 12,000 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 11,242. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Magelang lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia prezi, berbicara, sma negeri 1 muntilan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18978

Actions (login required)

View Item View Item