PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ANDRIYANI, RIRIN (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
RIRIN ANDRIYANI-11403241048-SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 pada standar kompetensi Menyusun Laporan Keuangan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match. Penelitian ini bersifat partisipatif dan kolaboratif, yaitu peneliti sebagai pengamat dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 17 siswa. Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dalam 3 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, pedoman observasi, angket dan catatan lapangan. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan motivasi dan peningkatan prestasi belajar ranah kognitif. Rata-rata skor motivasi berdasarkan hasil observasi meningkat sebesar 14,04% dengan rata-rata siklus I sebesar 64,88% dan siklus II sebesar 78,92%. Peningkatan skor motivasi berdasarkan hasil angket, yaitu sebesar 4,99% dengan rata-rata siklus I sebesar 72,48% dan siklus II sebesar 77,47%. Hal ini juga diikuti peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata nilai kelasdan persentase ketuntasan sesuai KKM. Rata-rata nilai kelas meningkat sebesar 5,92 dengan rata-rata nilai post test siklusI sebesar 64,75 dan rata-rata nilai post test siklus II sebesar 70,67. Persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 36,37% dengan persentase ketuntasan hasil post test siklus I sebesar 50% dan persentase ketuntasan hasil post test siklus II sebesar 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci:Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 May 2015 03:09
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item