PENGELOLAAN SARANA LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Lutfiana, Rahmawati (2015) PENGELOLAAN SARANA LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LUTFIANA RAHMAWATI.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan sarana laboratorium sekolah menengah pertama Negeri se-kecamatan Godean kabupaten Sleman dalam aspek; 1) perencanaan sarana laboratorium; 2) penggunaan sarana laboratorium; 3) pemeliharaan sarana laboratorium, dan 4) penghapusan sarana laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMP Negeri se-kecamatan Godean. Sumber data penelitian adalah Guru IPA dan pengelola laboratorium. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan sarana laboratorium IPA sebagian besar sudah dilakukan cukup baik di SMP N se-kecamatan Godean, namun masih terdapat sekolah yang belum memiliki biaya untuk pengadaan sarana laboratorium sehingga pengadaan sarana masih mengandalkan bantuan dari pemerintah; 2) penggunaan sarana laboratorium IPA di SMP N se-kecamatan Godean sudah berjalan cukup baik, guru sudah menggunakan sarana berdasarkan petunjuk yang ada, kemudian guru membacakan petunjuk penggunaan kepada siswa agar siswa mengetahui cara penggunaan sarana tersebut, selanjutnya guru memperagakan cara menggunakan sarana di depan kelas sehingga siswa dapat menggunakan sarana tersebut dengan baik dan benar, selain itu guru juga sudah memanfaatkan sarana berdasarkan materi yang disampaikan; 3) pemeliharaan sarana laboratorium IPA di SMP N se-kecamatan Godean belum benar-benar berjalan secara maksimal, kurangnya tenaga laboran mengakibatkan pemeliharaan sarana laboratorium kurang optimal, keterbatasan waktu dan tenaga yang dimiliki pengelola laboratorium maupun guru IPA menjadi faktor utama pengelolaan laboratorium belum berjalan baik; 4) penghapusan sarana laboratorium IPA di SMP N se-kecamatan Godean sebagian besar sudah berjalan cukup baik, pengelola laboratorium sebagian besar sudah mengetahui proses dan prosedur penghapusan sarana, namun sebagian besar guru IPA belum mengetahui proses dan prosedur penghapusan sarana laboratorium sehingga sarana laboratorium yang mengalami rusak berat dan pecah hanya disingkirkan di gudang atau dimusnahkan dengan cara dibuang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item