PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Fajarfanni, Dandhi (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2 (1).

[img]
Preview
Text
Dandhi Fajarfanni_07503244018.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Membaca Gambar Teknik. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas XI TPA sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif dan kelas XI TPB sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan: a) dokumentasi dan b) tes. Instrumen penelitian berupa kisi-kisi soal dan tes butir soal. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 82,74, modus 86,67, median 83,33. Nilai tertinggi 90, dan nilai terendahnya 70. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 75,07, modus 76,67, median 73,33. Nilai tertinggi 86,67, dan nilai terendahnya 60. Analisis uji-t menghasilkan thitung > ttabel (6,67 > 2,01). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kolaboratif, Membaca Gambar Teknik, Hasi Belajar
Subjects: Umum > Jurnal
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Mesin FT
Date Deposited: 21 May 2015 02:24
Last Modified: 21 Sep 2018 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item