PENERAPAN MODUL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Ardianto, Danang (2014) PENERAPAN MODUL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2 (1).

[img]
Preview
Text
Danang Ardianto_07503244023.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan modul pada pembelajaran Membaca Gambar Teknik. Penelitian eksperimen semu ini menagmbil kelas X TPB sebagai kelas eksperimen pembelajaran dengan modul dan kelas X TPE sebagai kelas kontrol. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data, sedang kisi-kisi soal dan butir soal tes digunakan sebagai instrumennya. Uji-t diterapkan untuk mengnalisis data. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 77,7, modus 76 & 80, median 76. Nilai tertinggi 92, dan nilai terendahnya 60. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 64, modus 60, median 64. Nilai tertinggi 80, dan nilai terendahnya 44. Analisis uji-t menghasilkan thitung = 6,68 > ttabel = 1,67. Diputuskan terdapat perbedaan pada hasil belajar kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak menggunakan modul.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul, Gambar Teknik, Pembelajaran
Subjects: Umum > Jurnal
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Mesin FT
Date Deposited: 21 May 2015 02:24
Last Modified: 21 Sep 2018 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

View Item View Item