Ardianto, Danang (2014) PENERAPAN MODUL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2 (1).
|
Text
Danang Ardianto_07503244023.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan modul pada pembelajaran Membaca Gambar Teknik. Penelitian eksperimen semu ini menagmbil kelas X TPB sebagai kelas eksperimen pembelajaran dengan modul dan kelas X TPE sebagai kelas kontrol. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data, sedang kisi-kisi soal dan butir soal tes digunakan sebagai instrumennya. Uji-t diterapkan untuk mengnalisis data. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 77,7, modus 76 & 80, median 76. Nilai tertinggi 92, dan nilai terendahnya 60. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 64, modus 60, median 64. Nilai tertinggi 80, dan nilai terendahnya 44. Analisis uji-t menghasilkan thitung = 6,68 > ttabel = 1,67. Diputuskan terdapat perbedaan pada hasil belajar kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak menggunakan modul.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modul, Gambar Teknik, Pembelajaran |
| Subjects: | Umum > Jurnal |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Teknik Mesin FT |
| Date Deposited: | 21 May 2015 02:24 |
| Last Modified: | 21 Sep 2018 03:58 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
