PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP SE KECAMATAN PACITAN

RAHAYU, ANDINA (2014) PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP SE KECAMATAN PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10401241033.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 10401241033.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 10401241033.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 10401241033.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 10401241033.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 10401241033.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V+Daftar Pustaka 10401241033.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 10401241033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang ketersediaan media pembelajaran yang meliputi a) jenis, b) jumlah dan c) kondisi. Disamping itu juga untuk mengetahui tentang model pemanfaatan media pembelajaran, kesulitan yang dihadapi dan upaya pemanfaatan media pembelajaran PKn SMP se-Kecamatan Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Guru PKn SMP 2) Kepala Sekolah 3) Kepala Staff Tata Usaha 4) Perwakilan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, kategorisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk analisis kuantitatif digunakan analisis numerik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ketersediaan media pembelajaran PKn SMP se-Kecamatan Pacitan meliputi a) jenis media yang dimiliki sekolah menunjukkan bahwa buku dan papan tulis paling banyak dimiliki dibandingkan media pembelajaran yang lain seperti gambar, video, narasumber, komputer, LCD dan surat kabar, b) jumlah media yang tersedia di sekolah belum mencukupi, c) kondisi media pembelajaran baik. 2) model pemanfaatan media pembelajaran sebagai alat bantu ajar, faktor pendorong pemanfaatan media dilihat dari perencanaan media, ketersediaan media, kesesuaian dengan materi, waktu dan keterampilan guru dalam memanfaatkan media, tanggapan siswa terhadap pemanfaatan media bisa dilihat dari respon dan ketertarikan siswa terhadap jalannya proses pembelajaran, kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk memanfaatkan media bisa dilihat saat siswa mencoba media dan kesempatan untuk bertanya terkait dengan media yang digunakan. 3) Kesulitan yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media adalah keterbatasan biaya, alokasi waktu, tenaga dan keterampilan yang kurang dalam pemanfaatan media. 4). Upaya pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru PKn antara lain: guru mengusahakan media dengan meminta dari sekolah, membuat proposal untuk pengadaan media yang ditujukan kepada dinas tertentu, membuat media sendiri, menugaskan kepada siswa, meminjam atau membeli sendiri dan sumbangan, membuat program kursus kilat bagi guru yang kurang terampil dalam ICT, guru mengikuti kegiatan MGMP dan pelatihan. Kata kunci: media, pembelajaran, pendidikan kewarganegaraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 20 May 2015 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item