KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Ardilla, Yoan (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yoan Ardilla 10203244023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan metode Time Token dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Time Token dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X di SMA N 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 287 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Diperoleh dua kelas, yakni kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen (30 peserta didik) dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol (33 peserta didik). Pengambilan data menggunakan tes berbicara bahasa Jerman. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus K-R 20. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung 2,461 lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 pada taraf signikikansi α= 0,05 dan db= 61. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman antara yang diajar menggunakan metode Time Token dan yang diajar menggunakan metode konvensional. Bobot keefektifan adalah 9,7%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen 12,150 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 11,303. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan metode Time Token lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: time token, berbicara, sma negeri 1 sedayu
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item View Item