KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA JERMAN PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO

Perwitasari, Runi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA JERMAN PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Runi Perwitasari 10203241008.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X1 SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo antara kelas yang diajar dengan menggunakan media komik berbahasa Jerman dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan media komik berbahasa Jerman pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X1 SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian quasi eskperiment. Desain penelitian ini adalah pre post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo yang berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Kelas XI IPA 2 yang terdiri atas 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 yang terdiri atas 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XI IPA 3 dengan 24 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari tes membaca bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas instrumen menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas butir soal. Validitas dihitung dengan Product Moment Pearson. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 45 soal yang diujicobakan, terdapat 40 soal valid dan 5 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung= 5,300 lebih besar dari nilai ttabel = 2,001 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db=58. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 36,43 lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 34,00. Bobot keefektifan sebesar 8,1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik berbahasa Jerman dalam pembelajaran keterampilan membaca peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komik, membaca, sma negeri 2 wates
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item