Prapti Widyaningrum, Nur (2015) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT MEMBUAT HIASAN BUSANA DI SMK N 2 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.
|
Text
HAL DEPAN.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
HASIL INSTRUMEN.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
INSTRUMEN.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS SMK.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengkaji secara mendalam tentang:1) jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean, 2) jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada setiap materi pembelajaran mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean, 3) intensitas penggunaan media pembelajaran oleh guru pada setiap materi pembelajaran mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata diklat membuat hiasan busana yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Wawancara dilakukan terhadap 4 guru mata diklat membuat hiasan busana dan terhadap 4 peserta diklat kelas II yang menempuh mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean. Hasil wawancara terhadap peserta diklat digunakan untuk mengkroscek hasil wawancara terhadap guru. Pengujian validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat judgement ekspert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. 1) Hasil penelitian jenis media yang digunakan oleh guru pada mata diklat membuat hiasan busana adalah modul, buku panduan bordir, gambar motif bordir, mesin jahit manual, alat bantu bordir, papan tulis, wallchart, fragment dan benda jadi. 2) Hasil penelitian jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada setiap materi pembelajaran mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean adalah sebagai berikut: a. Materi persiapan tempat dan alat kerja menghias busana, media yang digunakan guru yaitu: alat bantu membordir dan mesin jahit manual; b.Materi macam – macam tusuk dasar, media yang digunakan guru yaitu: mesin jahit manual, wallchart, fragment, dan alat bantu bordir, modul dan benda jadi; c. Materi dasar-dasar hiasan busana dengan mesin, media yang digunakan guru yaitu: buku panduan bordir, gambar motif bordir dan papan tulis; d. Materi disain hiasan busana sesuai jenis busana, media yang digunakan guru yaitu: gambar motif bordir, buku panduan membordir dan papan tulis; e. Materi memindahkan disain hiasan pada kain atau busana, media yang digunakan guru yaitu: gambar motif bordir dan alat bantu membordir; f. Materi membuat hiasan busana dengan mesin pada kain atau busana, media yang digunakan guru yaitu: mesin jahit manual, gambar motif bordir, alat bantu membordir dan benda jadi. 3) Hasil penelitian Intensitas penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada setiap materi pembelajaran mata diklat membuat hiasan busana di SMK N 2 Godean adalah sebagai berikut: intensitas penggunaan modul oleh guru sebesar 16,67%, buku panduan bordir 33,33%, gambar motif bordir 66,7%, mesin jahit 50%, alat bantu bordir 66,67%, papan tulis 33,33%, wallchart 16,67%, Fragment 16,67% dan benda jadi 16,67%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT |
Date Deposited: | 20 May 2015 02:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18930 |
Actions (login required)
View Item |