KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 TEMPEL SLEMAN

Hapsari, Rina (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rina Hapsari 09203241029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Tempel Sleman antara yang diajar menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik kepala bernomor terstruktur pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Tempel Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-post-test control group design dengan dua kelompok subjek, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tempel Sleman yang berjumlah 108 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 2 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 (28 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dihitung menggunakan rumus koefisien korelasi biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36 dari 40 butir soal adalah valid dan 6 soal gugur. Reliabilitas diperoleh melalui rumus KR-20 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,927. Data diperoleh dari skor pre-test dan posttest keterampilan menulis bahasa Jerman. Analisis data penelitian menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan hitung t sebesar 2,892 lebih besar dari tabel t sebesar 2,009 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db sebesar 52. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Tempel Sleman antara yang diajar menggunakan teknik kepala bernomor terstruktur dan yang diajar menggunakan metode konvensional. Bobot keefektifan menunjukkan angka 9,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik kepala bernomor terstruktur lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepala bernomor terstruktur, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item View Item