KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KELILING KELOMPOK DALAM PEMELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JOGONLAN KLATEN

Dawimah, Retmi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KELILING KELOMPOK DALAM PEMELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JOGONLAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Retmi Dawimah 10203241039.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi yang positif dan signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan antara yang diajar dengan menggunakan teknik keliling kelompok dengan yang diajar menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik keliling kelompok dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jogonalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan desain eksperimen pre-test post-test control group. Variabel dari penelitian ini terdiri atas dua variabel, yakni variabel bebas (X) berupa penggunaan teknik keliling kelompok dan variabel terikat (Y) berupa keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Jogonalan, Klaten. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Jogonalan yang berjumlah 258 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen (36 peserta didik) dan XI IPA 2 sebagai kelas (38 peserta didik). Jumlah angggota sampel adalah 74 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Validitas penelitian menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan didapatkan hasil sebesar r11 = 0,715. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t. Hasil penghitungan menggunakan uji-t menghasilkan nilai thitung sebesar 3,845 dan nilai ttabel sebesar 1,993 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan df sebesar 72. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata akhir peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 12,944 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 11.974. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai peserta didik di kelas ekpserimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Bobot keefektifan adalah sebesar 9,06%. Oleh karena itu dapat ditarik dua kesimpulan, bahwa (1) perbedaan prestasi yang positif dan signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jogonalan antara yang diajar dengan menggunakan teknik keliling kelompok dengan yang diajar menggunakan teknik konvensional, dan (2) penggunaan teknik keliling kelompok lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Jogonalan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan tehnik keliling kelompok dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keliling kelompok, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item