KEEFEKTIFAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Rosalina, Praeska Andre (2014) KEEFEKTIFAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Praeska Andre Rosaliana 10203244038.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan metode estafet writing dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode estafet writing dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode estafet writing sebagai variabel bebas, dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul sebanyak 283 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 5 (34 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (33 peserta didik) sebagai kelas kontrol. ata diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman pada pretest dan post-test. Uji validitas menggunakan isi dan validitas konstruk. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 2,573 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 5%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,3%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 65,162 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 62,902. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode estafet writing efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: estafet writing, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item