PENGARUH PELAKSANAAN MGMP IPA TERPADU DAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI IPA SMP/MTS SE-KOTA MAGELANG

Asih, Pratiwi (2015) PENGARUH PELAKSANAAN MGMP IPA TERPADU DAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI IPA SMP/MTS SE-KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ASIH PRATIWI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh pelaksanaan MGMP IPA Terpadu terhadap kompetensi profesional guru bidang IPA SMP/MTs se-Kota Magelang; (2) Pengaruh supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru bidang IPA SMP/MTs se-Kota Magelang; (3) pengaruh pelaksanaan MGMP IPA Terpadu dan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru bidang IPA SMP/MTs se-Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga variabel yaitu pelaksanaan MGMP IPA Terpadu, supervisi akademik oleh kepala sekolah, dan kompetensi profesional guru bidang studi IPA SMP/MTs. Subyek penelitian yaitu guru bidang studi IPA SMP/MTs se-Kota Magelang dengan jumlah populasi 87 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sesuai dengan tabel pengukuran menurut Krejcie dan Morgan berjumlah 73 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas data, uji linieritas, uji multikolinieritas. Kemudian uji hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelaksanaan MGMP IPA Terpadu terhadap kompetensi profesional guru bidang studi IPA SMP/MTs se-Kota Magelang sebesar 17,25%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kompetensi guru bidang studi IPA SMP/MTs se-Kota Magelang sebesar 9,52%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelaksanaan MGMP IPA Terpadu dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru bidang studi IPA SMP/MTs se-Kota Magelang sebesar 26,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item View Item