UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO MELALUI KARTU QUARTETT

Rohmatun, Nuri (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI BAHASA MAN PURWOREJO MELALUI KARTU QUARTETT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nuri Rohmatun 10203244020.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan: (1) motivasi belajar peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo dalam pembelajaran bahasa Jerman, (2) prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo melalui media kartu Quartett. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa MAN Purworejo. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari peningkatan prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Peserta didik menjadi lebih semangat dalam proses belajar mengajar. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik membaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 14,24%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, quartet, man purworejo
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item