KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN

Mawarni, Megasari Putri (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Megasari Putri Mawarni 10203244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman antara kelas yang diajar menggunakan teknik kancing gemerincing dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik kancing gemerincing pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman pada kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data penelitian diperoleh dari tes keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman yang berjumlah 123. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 2 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 1 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas yang digunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas yang digunakan yaitu Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 2,126> ttabel 2,000) ttabel dengan taraf signifikansi α =0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman antara yang diajar dengan menggunakan teknik kancing gemerincing dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 9,717 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 8,871. Bobot keefektifan sebesar 10,8%. (2) penggunaan teknik kancing gemerincing pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman pada kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan teknik konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kancing gemerincing, berbicara, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18916

Actions (login required)

View Item View Item