KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BRETSPIEL MIT EREIGNISKARTEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SLEMAN

Sari, Maulina Eka (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BRETSPIEL MIT EREIGNISKARTEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Maulina Eka Sari 10203244040.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sleman yang diajar menggunakan media Brettspiel mit Ereigniskarten dengan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media Brettspiel mit Ereigniskarten dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman daripada media konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sleman yang berjumlah 195 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu media Brettspiel mit Ereigniskarten sebagai variabel bebas, dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji validitas menunjukan bahwa sebanyak 30 soal valid dan 5 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,929. Data dianalisisis menggunakan uji t. Hasil analisis data menggunakan uji t menghasilkan thitung 3,154 lebih besar dari ttabel 2,004 dengan taraf signifikansi 0,001. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 8,27%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 26,2692 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 24,5000. Hal ini menunjukan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Brettspiel mit Ereigniskarten efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brettspiel mit ereigniskarten, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:58
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item