KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Abi Yoga, Setyawan (2015) KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABI YOGA SETYAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa layanan sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung atau pengguna perpustakaan BPAD Provinsi DIY tahun 2012. Subjek penelitian ini adalah pengguna layanan sirkulasi di perpustakaan BPAD Provinsi DIY. Pengguna perpustakaan yang datang setiap hari tidak sama, tetapi ratarata sekitar 95 orang, atau pengunjung setiap minggunya rata-rata sekitar 650 orang. Oleh karena pengunjung yang datang tiap harinya tidak pasti, sampel diambil dengan menggunakan quota sampling, dalam hal ini dibulatkan 100 orang dalam satu minggu. Responden diambil setiap hari (senin - minggu), perhari diambil sekitar 10 sampai 15 orang sampai jumlah kuota 100 orang terpenuhi. Data kepuasan pengguna digali dengan menggunakan pedoman Indeks Kepuasan Masyarakat (16 unsur). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen berupa skala penilaian kualitatif dengan kategori Sangat Puas (SP) - Puas (P) - Cukup Puas (CP) - Kurang Puas (KP) - Sangat Kurang Puas (SKP). Instrumen yang diedarkan menyembunyikan titik tengah. Untuk analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan skor SP = 10, P = 8, CK = 6, KP = 4, SKP = 2, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rerata (means). Dari hasil penelitian diketahui bahwa para pengguna perpustakaan merasa puas (belum sangat puas) terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan BPAD Provinsi DIY, ditunjukan dengan rerata skor 7,13 (skala nilai 0,1 – 10). Terdapat satu unsur yang dinilai cukup memuaskan (5,36) yaitu unsur kejelasan petugas layanan sirkulasi. Secara rinci kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi di BPAD Provinsi DIY seluruhnya dalam kategori puas (memuaskan), tetapi skornya berbeda-beda sebagai berikut: prosedur layanan 7,56, persyaratan pelayanan 7,73, keadaan bahan pustaka 6,21, kedisiplinan petugas 6,62, tanggung jawab petugas layanan 7,06, kemampuan petugas layanan sirkulasi 7,42, kecepatan layanan 6,59, keadilan mendapatkan layanan 7,92, kesopanan dan keramahan petugas layanan 7,55, kewajaran biaya layanan 8,03, kepastian biaya layanan 7,78, kepastian jadwal layanan 7,58, fasilitas layanan 6,91, kenyamanan lingkungan layanan 7,25, keamanan layanan 7,33. Kata kunci: Perpustakaan daerah,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18910

Actions (login required)

View Item View Item