KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 TEMANGGUNG

Yustina, Ina Dani (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 3 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ina Dani Yustina 10203241021.pdf

Download (230MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung antara yang diajar dengan menggunakan teknik Mind Map dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Mind Map dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Temanggung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre test dan post test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas yakni penggunaan teknik Mind Map dan variabel terikat yakni prestasi menulis bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA N 3 Temanggung yang berjumlah 133 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 2 (33 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (33 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung 3,122 > t tabel 1,997 pada taraf signifikansi α 0,05 dan db sebesar 64. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,3%. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 12,40 lebih besar dari pada kelas kontrol yakni 11,62. Hal ini menunjukan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan teknik Mind Map lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMA N 3 Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mind map, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item