KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Wahyuni, Ermi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ermi Wahyuni 10203241002.pdf

Download (227MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul antara yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik Question Student Have dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Cooperative Learning teknik Question Student Have dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode Cooperative Learning teknik Question Student Have sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 207 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data melalui pre-test dan post-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,041 > 2,003) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai ratarata pos-test kelas eksperimen sebesar 29,034 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pos-test kelas kontrol sebesar 27,241. Bobot keefektifan sebesar 7,38%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning teknik Question Student Have efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, question students have, membaca, sman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item