MANAJEMEN PROGRAM KELOMPOK BERMAIN (KB) SEKOLAH BINA ANAK SHOLEH (BIAS) YOGYAKARTA

Didik Kurniawan, Didik (2015) MANAJEMEN PROGRAM KELOMPOK BERMAIN (KB) SEKOLAH BINA ANAK SHOLEH (BIAS) YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Didik Kurniawan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Didik Kurniawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah studi tentang manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta. (3) Manfaat manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola lembaga, pendidik dan orang tua peserta didik KB BIAS Palagan di Dusun Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta disusun sesuai dengan visi dan misi lembaga dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan disusun dengan membuat perencanaan kegiatan bermain harian dan mingguan, perencanaan semesteran dan perencanaan tahunan. Pengorganisasian dibagi sesuai dengan bidang kerja yaitu : bidang kegiatan belajar mengajar, bidang sumber daya manusia, bidang administrasi dan keuangan, bidang pendidik, bidang kesiswaan dan bidang publikasi. Pelaksanaan disusun sesuai dengan jadwal kegiatan harian siswa dan kegiatan belajar mengajar tambahan. Pengawasan dilaksanakan dengan membuat laporan kinerja masing- masing bidang secara berkala. (2) Faktor pendukung yaitu: (a) kompetensi pendidik lulusan D1 jurusan pendidikan guru KB STAIT Yogyakarta, (b) sarana dan prasarana yang menunjang, (c) lokasi yang strategis untuk dijangkau. Faktor penghambatnya yaitu : (a) terbatasnya sumber daya manusia yang menyebabkan peran ganda dalam kinerjanya. (3) Manfaat manajemen KB adalah: (a) bagi pengelola lembaga menjadikan kinerja masing masing lini secara optimal dan sesuai dengan visi dan misi lembaga, (b) bagi pendidik senantiasa mengembangkan kemampuan mengajarnya, meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, (c) bagi orang tua manajemen yang sudah ada membuat orang tua nyaman dan tenang mempercayakan pendidikan pada KB BIAS karena kualitas pelayanan yang baik. Kata Kunci : manajemen, program kelompok bermain (KB), sekolah bias

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 May 2015 02:21
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item