PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEKOLAH BERASRAMA ( BOARDING SCHOOL ) DI SMA PANGUDI LUHUR VAN LITH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG

Florentinus Suryo Purnadi, Florentinus Suryo Purnadi (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEKOLAH BERASRAMA ( BOARDING SCHOOL ) DI SMA PANGUDI LUHUR VAN LITH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Florentinus Suryo Purnadi_10110244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam Sekolah Berasrama (Boarding School) di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (3) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (4) Tantangan dalam penanaman pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan, Kabupaten Magelang pada bulan Agustus 2014 sampai November 2014. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Asrama Putra, Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Agama Katolik, Pamong Asrama Putra, siswa Kelas X sampai Siswa Kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith dirancang dan dilaksanakan di sekolah maupun di asrama secara integratif melalui Kurikulum Nasional serta kurikulum khusus sekolah ini berupa Kurikulum Pengembangan untuk membentuk sebuah kebiasaan hidup bagi para siswa; (2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SMA Pangudi Luhur Van Lith antara lain kemandirian, kedisipilinan, religius, sopan santun, humanis, nasionalisme, menghargai prestasi, dan akhlak mulia; (3) Proses penanaman nilai- nilai pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith meliputi pengintegrasian nilai – nilai karakter sejak siswa masuk di SMA Pangudi Luhur Van Lith melalui berbagai kegiatan rutin di sekolah dan asrama, melalui keteladanan oleh Pamong, Pendamping serta Kepala Sekolah dengan memanfaatkan setiap perjumpaan dengan siswa, melalui kegiatan spontan, melalui slogan nilai-nilai karakter yang dipasang di berbagai sudut sekolah dan asrama; (4) Tantangan dalam penanaman pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith meliputi kondisi siswa sebelum masuk SMA dan jumlah pamong yang kurang dibandingkan dengan jumlah siswa di asrama. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Boarding School, SMA Pangudi Luhur Van Lith

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 21 May 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item