KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suryaningsih, - (2015) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suryaningsih (09101244016)skripsi.Pdf.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang dijelaskan dengan 17 indikator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah Guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, sebanyak 475 guru. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 213 yang diperoleh melalui teknik proportional purposive random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dalam kategori sangat baik sebanyak (87,91%), untuk kategori baik sebanyak (12,09%).Dari 17 indikator diketahui 16 indikator yang mempunyai ketegori sangat baikdan 1 indikator mempunyai kategori baik. Indikator yang memiliki persentase paling tinggi yaitu indikator menciptakan budaya dan iklim sekolah sebanyak (92,42%), yaitu dilihat dari sub indikatornya adalah menata lingkungan fisik sekolah sehingga menciptakan suasana yang nyaman sebanyak (92,13%), dan menumbuhkan budaya kerja yang baik sebanyak (92,72%).Indikator yang memiliki persentase paling rendah yaitu indikator mengelola unit layanan sebanyak (81,61%), yaitu dilihat dari sub indikatornya adalah mengelola laboratorium sekolah sebanyak (81,10%), mengeloala keterampilan siswa agar dapat dimanfaatkan secara optimal sebanyak (84,62%), mengelola usaha kesehatan sekolah dan layanan sejenis sebanyak (82,62%), mengelola koperasi sekolah sebanyak (82,62%), mengelola perpustakaan sekolah sebanyak (77,11%).Dari jumlah responden yaitu 213 orang, diketahui bahwa ada 187 responden yang menilai kepala sekolah mempunyai kompetensi manajerial dalam kategori sangat baik sebanyak (87,91%). Untuk 26 responden menilai kepala sekolah mempunyai kompetensi manajerial dalam kategori baik sebanyak (12,09%). Kata kunci: Kompetensi Manajerial, dan Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item