KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Satiti, Bekti (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bekti Satiti 10203241029.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Minggir Sleman antara yang diajar dengan menggunakan metode Jigsaw dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Jigsaw dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group desain. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu metode Jigsaw sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Minggir Sleman yang berjumlah 118 peserta didik. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1(31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Analisis hasil uji coba instrumen butir soal menunjukkan 36 dari 40 butir soal memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,404), sehingga instrumen penelitian dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,943>0,6). Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil analisis data uji-t menghasilkan thitung 5,220 lebih besat dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifan adalah 8,2%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 32,19 lebih besar dari kelas kontrol 30,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Jigsaw efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jigsaw, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item