KEEFEKTIFAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU, BANTUL

Wijayanti, Arum Cahyani Catur (2014) KEEFEKTIFAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arum Cahyani Catur Wijayanti 10203244036.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Sedayu, Bantul antara yang diajar menggunakan metode Everyone is a Teacher Here dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Sedayu, Bantul yang berjumlah 283 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 2 (29 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3(29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukan bahwa sebanyak 30 soal valid dan 5 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,909. Data dianalisisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4,818 lebih besar daripada ttabel = 2,003 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 56. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Sedayu, Bantul antara yang diajar dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 26,517 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 24,793. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Everyone is a Teacher Here lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Sedayu, Bantul daripada metode konvensional. Bobot keefektifan sebesar 8,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: everyone is a teacher, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item