KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN

Putra, Agna Wikantara D. H. (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FOTO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agna Wikantara DH Putra 10203241014.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten antara yang diajar dengan menggunakan media foto dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media foto dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten sebanyak 178 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, kelas XI Imersi (29 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 (38 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan posttest. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach (rtt) = 0,790. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan thitung 3,168 lebih besar dari ttabel 1,997 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman antara yang diajar dengan menggunakan media foto dan kelas yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 69,20 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 64,44. Bobot keefektifannya adalah 8,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media foto efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: foto, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item