PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IB SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Oktafianti, Elly (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IB SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Elly Oktafianti_10108241060.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di kelas IB SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Deskripsi pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini meliputi deskripsi tentang kegiatan perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan 29 siswa di kelas IB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi kelengkapan RPP guru, pedoman observasi pembelajaran, pedoman observasi penilaian, dan pedoman wawancara guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman (1992) dengan aktifitas yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak menyusun RPP kelas I semester 1 seluruhnya tetapi bersama-sama dalam kegiatan KKG se-Kecamatan Mergangsan. Komponen RPP yang disusun guru sudah lengkap. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sudah menerapkan kelima keterampilan ilmiah sesuai panduan Kemendikbud. Proses pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan dilanjutkan kegiatan inti yaitu mempraktekkan keterampilan ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan, serta diakhiri dengan kegiatan penutup. Siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan bimbingan guru. Guru menggunakan penilaian otentik untuk menilai kompetensi siswa walaupun belum melaksanakan penilaian pada setiap kompetensi di setiap kali pembelajaran. Penilaian yang sudah dilaksanakan guru meliputi penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata kunci: pembelajaran berbasis pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18870

Actions (login required)

View Item View Item