PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI GURU DALAM MGMP TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INGGRIS DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN

Riska Wahyu, Priyastutiningrum (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI GURU DALAM MGMP TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INGGRIS DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISKA WAHYU P. 09101244019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Bahasa Inggris; (2) pengaruh partisipasi guru dalam MGMP terhadap kinerja guru Bahasa Inggris; dan (3) pengaruh secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kinerja guru Bahasa Inggris di SMA se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di 37 SMA yang berada di Kabupaten Sleman dengan responden 74 guru Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan studi dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi (expert judgement), sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas, serta data dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Bahasa Inggris di SMA seKabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 15,1%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kinerja guru Bahasa Inggris di SMA se-Kabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 13,9%; dan (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kinerja guru Bahasa Inggris di SMA se-Kabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 21,6%. Dengan demikian, masih ada variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru Bahasa Inggris di SMA se-Kabupaten Sleman dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini, yaitu sebesar 78,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:04
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item