IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI PKBM KARYA MANUNGGAL WILAYAH PRINGGOKUSUMAN GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

Ria Nurmalasari, Ria (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI PKBM KARYA MANUNGGAL WILAYAH PRINGGOKUSUMAN GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program, implementasi program, factor pendukung, dan factor penghambat dalam pelaksanaan program keterampilan ibu rumah tangga di PKBM Karya Manunggal di wilayah Pringgokusuman Gedongtengen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah :1) Perencanaan program keterampilan dilakukan sebelum pelaksanaan keterampilan dengan cara penyelenggara mengadakan koordinasi dengan pendidik untuk menyesuaikan kurikulum yang sudah disesuaikan, menentukan tujuan yang akan dicapai, alokasi waktu, dan jadwal keterampilan yang akan diterapkan. 2) Pelaksanaan keterampilan dilaksanakan secara teori dan praktik, pelaksanaan keterampilan yaitu pendidik membuka pelajaran, menjelaskan tentang tujuan program kemudian menyampaikan materi program baik secara teori maupun praktik, Proses pelaksanaan program keterampilan dimulai dengan cara pendidik memberikan pengetahuan tentang keterampilan yang akan diberikan, pengenalan alat dan bahan untuk praktik, dan langkah –langkah praktik. 3) factor pendukung pelaksanaan program keterampilan yaitu: semangat pendidik dalam melaksanakan program keterampilan, adanya dukungan dari masyarakat dalam pelaksanaan program keterampilan, dan motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti pelaksanaan program keterampilan cukup tinggi. Faktor penghambat pelaksanaan program keterampilan adalah sarana dan prasarana kurang memadai, peserta didik kurang sabar dan kurang ketelitian dalam pelaksanaan program, dan media pelaksanaan program yang digunakan pendidik masih minim dan terbatas. Kata Kunci :Implementasi, program keterampilan,wirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item