MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA

Oktina Dwi, Kartikasari (2015) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Oktina Dwi Kartikasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen yang meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, dan pengendalian sarana dan prasarana pembelajaran di SD Tumbuh 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator sarana dan prasarana dari yayasan, guru, wali murid, dan siswa berkebutuhan khusus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SD Tumbuh 1 Yogyakarta sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran melibatkan guru, GPK, dan orang tua siswa yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Peran guru dan GPK sangat penting dalam proses analisis kebutuhan khususnya bagi siswa berkebutuhan khusus; 2) Pengadaan sarana pembelajaran dengan cara membeli yang dilakukan oleh koordinator sarana dan prasarana dari yayasan. Guru memiliki otoritas dalam pengadaan sarana pembelajaran yang digunakan di kelas melalui uang program. Pengadaan prasarana pembelajaran dilakukan dengan cara meminjam; 3) Kegiatan inventarisasi dilakukan oleh koordinator sarana dan prasarana dari yayasan dan ditulis dalam buku inventaris; 4) Penggunaan sarana pembelajaran di ruang terapi diatur oleh koordinator pelaksanaan pendidikan inklusif, sarana pembelajaran di kelas diatur oleh guru kelas. Pengaturan tempat duduk dilakukan setiap minggu dengan model yang berbeda; 5) Pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran dilakukan secara berkala dengan melibatkan seluruh warga sekolah beserta beberapa teknisi; 6) Pengendalian sarana dan prasarana pembelajaran lebih kepada kegiatan monitoring dan pelaksanaannya melibatkan koordinator sarana dan prasarana dari yayasan, kepala sekolah, ketua yayasan, dan bagian keuangan. Pelaporan pengendalian dilakukan setiap akhir tahun anggaran kepada pihak yayasan dan setiap triwulan kepada pemerintah; dan 7) Penghapusan sarana pembelajaran di sekolah dilakukan dengan cara tukar tambah dengan rekanan yang telah ditunjuk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item