KONTRIBUSI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI GUGUS VI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2013

Muh. Bryan Danu, Pambudi (2015) KONTRIBUSI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI GUGUS VI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muh Bryan Danu Pambudi -.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi pengajaran kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SD di Gugus VI Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional yang meneliti satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel kegiatan supervisi pengajaran kepala sekolah sebagai variabel bebas (X) dan variabel kompetensi profesional guru sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini melibatkan sampel sejumlah 68 responden dari 85 anggota populasi. Penentuan sampel berdasarkan disproportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan dengan dua analisis yaitu uji prasyarat, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, serta uji heteroskedastisitas dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan supervisi pengajaran kepala sekolah mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi profesional guru (r = 0,706 dan p = 0,000). Hasil regresi menunjukkan kegiatan supervisi pengajaran kepala sekolah memberikan pengaruh sebesar 49,9% (R2 = 0,499 , Ŷ = 1,513 + 0,555 X) terhadap kompetensi profesional guru. Kata kunci: supervisi pengajaran kepala sekolah, kompetensi profesional guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item