PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Arifayani, Yuli (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 4) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dan 5) Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan merupakan penelitian populasi karena seluruh siswa kelas X SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 54 siswa dijadikan subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Uji coba instrumen penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa kelas X SMK YPKK 2 Sleman. Uji validitas instrumen dengan menggunakan teknik analisis product moment dan uji reiabilitas isntrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat, sedangkan untuk pengujian hipotesis kelima menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y=0,423; r2 x1y=0,179; dan thitung=3,364 lebih besar dari ttabel=1,676. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y=0,352; r2 x2y =0,124; dan thitung=2,715 lebih besar dari ttabel=1,676. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx3y=0,306; r2 x3y=0,094; dan thitung=2,318 lebih besar dari ttabel=1,676. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx4y=0,279; r2 x4y=0,078; dan thitung=2,095 lebih besar dari ttabel=1,676. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3,4) = 0,425; R2y(1,2,3,4) = 0,181 dan diperoleh Fhitung=2,699 lebih besar dari Ftabel=2,56 Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18850

Actions (login required)

View Item View Item