BENTUK INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PASCA PEMILIHAN DUKUH DI DUSUN NOGOSARI, DESA SIDOKARTO KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2009

Eka Okta, Suryani (2013) BENTUK INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PASCA PEMILIHAN DUKUH DI DUSUN NOGOSARI, DESA SIDOKARTO KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2009. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
a. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. BAB. I.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d. BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. BAB III.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB IV.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
g. BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Terselenggaranya Pemilihan Dukuh di dusun Nogosari memiliki dampak bagi perubahan interaksi antar warga masyarakat, antar kelompok dengan kelompok yakni antar kelompok bakal calon dukuh satu dengan bakal calon dukuh lainnya. Bentuk Interaksi yang terjadi sebelum pemilihan dukuh yakni masyarakat saling bekerjasama tanpa ada jarak perbedaan kepentingan perubahan bentuk interaksi masyarakat didalamnya ini didasarkan karena perbedaan tujuan yakni untuk memenangkan calon dukuh yang masing-masing menginginkan calon dukuh yang didukungnya dapat menang dalam pemilihan dukuh. Berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: perubahan bentuk interaksi yang terjadi sebelum, pada saat serta setelah pemilihan dukuh berlangsung sehingga diketahui perubahan bentuk interaksi setelah terselenggaranya pemilihan dukuh pada masyarakat Dusun Nogosari. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Nogosari, Desa Sidokarto Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan prinsip purposive sampling (sampel bertujuan). Informan dalam penelitian ini adalah warga masyarakat yang ikut dalam pemilihan, bakal calon dukuh, dukuh yang terpilih serta ketua penyelenggara pemilihan dukuh. Cara penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara semi terstruktur dan berbagai dokumentasi lapangan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara Triangulasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model analisis interaktif dari Miles and Huberman yang menggunakan 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk interaksi pada masa-masa awal pasca Pemilihan dukuh lebih banyak diwarnai dengan konflik, meskipun tidak disertai dengan konflik secara fisik. Konflik terjadi karena adanya perbedaan kepentingan di antara para pendukung kandidat kepala dusun. Kedua, setelah interaksi inner group dari masing-masing kandidat tertentu semakin berkurang, bentuk interaksi lebih banyak diwarnai dengan interaksi yang menunjukkan adanya kompetisi. Bentuk-bentuk kompetisi terjadi dalam setiap kali ada momentum pengambilan keputusan atau penggunaan kekuatan pengaruh di masyarakat. Ketiga, pola interaksi dalam bentuk konflik hanya bersifat sementara, tetapi interaksi dengan pola kompetisi juga tidak selalu produktif, dukuh yang terpilih terus mengupayakan adanya proses akomodasi melalui tindakan-tindakan kompromi dengan menjalin komunikasi dengan setiap warganya. Sikap kooperatif atau kerjasama dari Dukuh Nogosari sedikit banyak telah memunculkan adanya kompromi dari warga yang sebelumnya tidak mendukungnya. Kata Kunci : Interaksi, Masyarakat,Pemilihan Dukuh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item