PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOKOTAR UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV DI SDN CATUR TUNGGAL 3 SLEMAN YOGYAKARTA

Prilanto, Titis (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOKOTAR UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV DI SDN CATUR TUNGGAL 3 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS-Titis Prilanto-10105244018.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif Kokotar yang layak digunakan untuk pembelajaran tematik integratif tema Indah Kebersamaan siswa kelas IV SDN Catur Tunggal 3 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji coba pelaksanaan, penyempurnaan produk akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan persentase skor 96,9% termasuk kategori sangat baik. Penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,1 dengan persentase skor 82% termasuk kategori sangat baik. Pada uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 80% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 96,2% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan operasional mendapatkan persentase skor 98,3% termasuk dalam kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif Kokotar untuk pembelajaran tematik siswa kelas IV sekolah dasar layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item