PELAKSANAAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DALAM KEGIATAN MAIN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN RUMAH IBU JONGKANG SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Munawaroh, Dewi (2015) PELAKSANAAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DALAM KEGIATAN MAIN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN RUMAH IBU JONGKANG SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Dewi Munawaroh_10105241027.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model sentra dan lingkaran dalam kegiatan main anak usia dini di Kelompok Bermain Rumah Ibu Jongkang Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan 5 (lima) guru KB Rumah Ibu. Sedangkan objek penelitiannya adalah model sentra dan lingkaran. Setting penelitian mengambil tempat di KB Rumah Ibu Jongkang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB Rumah Ibu sudah melaksanakan kegiatan main sentra dan lingkaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan main yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat guru. Adapun proses pembelajaran dengan sistem sentra dengan memberikan pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main (kegiatan recalling). Dengan sentra main diantaranya sentra peran, sentra balok, sentra persiapan, dan sentra alam. Kegiatan main di sentra terdapat 3 jenis main (sensorimotor, peran, dan pembangunan) yang sangat penting dalam merangsang seluruh aspek kecerdasan anak. Sehingga melalui model sentra dan lingkaran ini semua kebutuhan anak yang berkaitan dengan aspek perkembangan anak dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18819

Actions (login required)

View Item View Item