HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN WANAREJA

Rizal, Muhammad (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN WANAREJA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Rizal.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di kecamatan Wanareja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru kelas di kecamatan Wanareja yang berjumlah 365 Guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling, sebanyak 40 guru yang terdiri dari 32 guru berstatus PNS dan 8 guru berstatus wiyata bakti. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan angket, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana satu prediktor. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Terdapat hubungan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di kecamatan Wanareja. Uji keberartian koefisien korelasi tersebut dilakukan dengan cara mengonsultasi harga r hitung dengan r tabel, pada α = 5% dengan N = 40 diperoleh r tabel sebesar 0.304. Karena koefisien korelasi antara rx.y = 0.851 > r(0.05)(40) = 0.304, berarti koefisien korelasi tersebut signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18816

Actions (login required)

View Item View Item