PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA “MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK KELAS V SD NEGERI PAYAK, SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL

Megantoro, Megantoro (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA “MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG” UNTUK KELAS V SD NEGERI PAYAK, SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
MEGANTORO_10105244030.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif dalam pelajaran Matematika yang layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar oleh siswa kelas V SD Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, skala penilaian dan observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika materi Sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Sedangkan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif ini dibuktikan dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dengan skor 4,44 (kategori sangat baik) dan ahli media dengan skor 3,99 (kategori baik). Produk multimedia pembelajaran interaktif yang diujicobakan kepada siswa kelas V SD Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Hasil yang diperoleh pada uji coba lapangan awal sebesar 4,04 (kategori baik), uji coba lapangan sebesar 3,30 (cukup), dan uji pelaksanaan lapangan sebesar 3,73 (kategori baik). Berdasarkan hasil uji pelaksanaan lapangan yang menunjukan bahwa multimedia termasuk dalam kategori baik, sehingga secara keseluruhan ultimedia pembelajaran interaktif Matematika untuk kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item