Wardani Somantri, Dani (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA MODUL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 BANJAR KOTA BANJAR PATROMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Dani Wardani_09105244014.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul di SDN 8 Banjar Kota Banjar Patroman. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini dijadikan 7 orang narasumber yakni kepala sekolah dan guru kelas I-VI, dengan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dimana peneliti ingin melihat bagaimana implementasi pemebelajaran dengan menggunakan modul secara mendalam berdasarkan situasi/keadaan yang ada di kelas I-VI SDN 8 Banjar Kota Banjar Patroman. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul meliputi beberapa langkah-langkah, seperti: persiapan bahan ajar, latihan soal/tugas, dan mengevaluasi hasil belajar. (2) peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul, guru sebagai orang yang menjembatani dan memotivasi siswa agar bisa lebih memahami dan mengerti akan materi pelajaran menggunakan media modul tersebut. (3) faktor-faktor internal dan eksternal yang mendukung pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul meliputi beberapa faktor yaitu, faktor internal: faktor persiapan mental, kesesuaian tugas pembelajaran, tanggung jawab tugas pembelajaran, penguasaan bahan ajar, kondisi fisik pengajar, motivasi pengajar dalam bekerja. Sedangkan faktor eksternal: faktor lingkungan alam/keadaan alam, keluarga, pergaulan, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah. (4) Faktor-faktor internal dan eksternal yang menghambat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul meliputi beberapa faktor yaitu, faktor internal: kurang meratanya siswa dalam kemampuan menerima dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, kurangnya sumber pengajar/guru. Sedangkan faktor eksternal: keterbatasan biaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 20 May 2015 00:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18810 |
Actions (login required)
View Item |