PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK SEBAGAI PENUNJANG BAHAN AJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI PATUK 1 GUNUNGKIDUL

Al Maidah, Arshy (2015) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK SEBAGAI PENUNJANG BAHAN AJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI PATUK 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ARSHY AL MAIDAH _ 10105241001.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Tematik yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini meliputi: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yakni subjek uji coba ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media, serta subjek uji coba produk yaitu siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul yang berjumlah 27 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumenter, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk Modul Tematik yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar untuk siswa kelas I. Kelayakan produk Modul Tematik ini didasarkan pada hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 4,36 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi media yang memperoleh ratarata skor 4,10 dengan kategori sangat baik. Kelayakan produk Modul Tematik juga diperkuat dengan hasil penilaian siswa pada uji coba lapangan awal yang memperoleh rata-rata skor 4,82 dengan kategori sangat baik, uji coba lapangan utama yang memperoleh rata-rata skor 4,61 dengan kategori sangat baik dan uji pelaksanaan lapangan yang memperoleh rata-rata skor 4,82 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item