Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta

Jumasa, Muhammad jumasa (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-ahmad-jumasa-12707251001.swf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount, (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount, dan (3) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount untuk siswa kelas VIII MTsN II Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di MTsN II Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi and Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Uji alpha dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII C untuk Uji Beta dan 32 siswa kelas VIII G untuk uji keefektifan produk yang dikembangkan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, lembar angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keefektifan produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan adalah multimedia berbentuk CD pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount yang terdiri dari petunjuk, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD), uraian materi, rangkuman, kuis, dan evaluasi. (2) Produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pelengkap pembelajaran bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount, berdasarkan hasil penilaian dua orang ahli materi dan dua orang ahli media, serta siswa. Penilaian ahli materi I pada aspek pembelajaran menunjukkan hasil Sangat Baik (4.62), dan pada aspek isi juga Sangat Baik (4.72). Hasil evaluasi ahli materi II pada aspek pembelajaran menunjukkan hasil Sangat Baik (4.18) dan pada aspek isi juga Sangat Baik (4.54). Penilaian ahli media I pada aspek tampilan media menunjukkan hasil Baik (4.07), dan pada aspek pemrograman juga Sangat Baik (4.50). Hasil evaluasi ahli media II pada aspek tampilan media menunjukkan hasil Baik (4.00), sedangkan pada aspek pemrograman menunjukkan Sangat Baik (4.60). Penilaian oleh 30 orang siswa pada uji beta menunjukkan hasil penilaian Sangat Baik (4.19). Penilaian 33 orang siswa pada uji coba produk menunjukkan hasil penilaian Baik (3.92). (3) Peningkatan skor rata-rata seluruh siswa dari hasil pretest dan posttest sebesar 0,90 (N-gain ≥ 0.7). Hal ini berarti keefektifan produk yang dikembangkan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan multimedia, pembelajaran bahasa Inggris, teks recount, madrasah tsanawiyah, MTsN II Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item