Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer dengan Program Macromedia Flash 8

Sukamto, Edi bambang (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer dengan Program Macromedia Flash 8. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edi-bambang-sukamto-06707254005.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran kimia untuk memecahkan masalah pembelajaran sehingga menjadi media yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik serta menguji kelayakan produk multimedia pembelajaran kimia. Multimedia yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: bersifat interaktif, dan mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media. Pengembangan multimedia pembelajaran kimia ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi, desain pembelajaran, mengembangkan produk, evaluasi produk, dan implementasi. Tahap identifikasi meliputi mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, memilih dan menetapkan materi pokok yang akan dikembangkan, dan mengembangkan alat evaluasi. Tahap desain pembelajaran meliputi pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap mengembangkan produk meliputi pengemasan produk awal ke dalam bentuk CD. Tahap evaluasi produk terdiri atas validasi oleh ahli materi dan ahli media, dan uji lapangan yang meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 44 peserta didik, yang terdiri dari 4 orang peserta didik untuk uji coba perorangan, 8 orang peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan 32 orang peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Data hasil uji coba dikumpulkan menggunakan kuesioner. Tahap implementasi yaitu menyebarluaskan dan menerapkan produk akhir setelah direvisi kepada semua pengguna multimedia yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran hasil pengembangan, termasuk dalam kategori baik, ditinjau dari aspek pembelajaran dengan nilai rata-rata 4,07 dalam skala 5 (1 s.d. 5), aspek materi dengan nilai rata-rata 4,11 dalam skala 5 (1 s.d. 5), dan aspek media dengan nilai rata-rata 4,23 dalam skala 5 (1 s.d. 5). Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kualitas multimedia baik, dengan nilai 4,00 dalam skala 5 (1 s.d. 5). Demikian juga ahli media menilai kualitas multimedia baik, dengan nilai 4,00 dalam skala 5 (1 s.d. 5). Berdasarkan hasil tersebut, maka produk multimedia pembelajaran hasil pengembangan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kimia, macromedia flash 8
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item